SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN "CAHAYA AS-SALAM" 'KITAB, AL-QURAN, HADITS, OASE ISLAM, BLOG TUTORIAL '

Minggu, 01 Maret 2009

Keutamaan dan Amalan-Amalan Haji dan Umrah



Oleh : Cahyo Prabowo
C. KEUTAMAAN HAJI DAN UMRAH

Keutamaan haji dan umrah meliputi:

1. Haji yang mabrur merupakan amal yang paling utama karena dipenuhi dengan kebajikan yang ditandai dengan lemah lembut dalam ucapan dan suka menyumbang makanan. (Hadits yang diterima dari Abu Hurairah). Ciri haji yang mabrur ditandai dengan sifat dan keadaan setelah haji lebih baik dibandingkan sebelumnya.

2. Haji merupakan jihad bagi laki-laki yang tua, lemah dan wanita (Hadits riwayat Nasai dan riwayat Buchori dan Muslim).

3. Haji akan menghapus dosa seperti pada saat dilahirkan (Hadits riwayat Buchori-
Muslim)
, haji akan mengapus dosa yang terjadi sebelumnya (Hadits riwayat Muslim)

4. Haji dan umrah akan melepaskan kemiskinan dan kesalahan, seperti kipas angin menerbangkan kotoran-kotoran besi, emas dan perak. Dan ganjaran haji mabrur adalah surga (Hadits riwayat Nasai).

5. Orang-orang yang mengerjakan haji dan umrah merupakan duta-duta Allah sehingga jika mereka memohon kepada-Nya pasti akan dikabulkannya, dn jika mereka minta ampun, pasti akan diampuni-Nya. (Hadist riwayat Ibnu Majah)

6. Pahala haji adalah surga (Hadits Buchori dan Muslim). Jika kita meninggal saat mengerjakan haji dan umrah, maka dijamin oleh Allah akan masuk surga, namun jika kembali akan diberkahi-Nya oleh-oleh dan pahala (Hadits yang diriwayatkan dengan sanad Hasan oleh Ibnu Jureij)

7. Keutamaan mengeluarkan biaya haji sama dengan mengeluarkan untuk perang di jalan Allah. Satu dirham menjadi 700 kali lipat (Hadits riwayat Ibnu Abi Syaibah, Ahmad, Thabrani, dan Baihaqi)

8. Ibadah haji dapat dilakukan oleh orang yang sudah meninggal oleh orang yang telah melaksanakan haji untuk sendirinya (HR. Muslim dan HR. Ibnu Majjah), sedangkan pahala bagi anak kecil diberikan kepada orang tuanya, namun anak tersebut belum wajib haji. (HR. Muslim).

D. AMALAN-AMALAN HAJI DAN UMRAH

Beberapa amalan yang harus dikerjakan pada saat haji dan umrah terdiri rukun haji dan wajib haji, sedangkan amalan-amalan yang harus dikerjakan pada saat umrah disebut rukun umrah.

Rukun haji terdiri atas:
1.Ihram (niat haji)
2.Wukuf
3.Tawaf haji
4.Tahalul haji
5.Tertib

Wajib haji terdiri dari:
1.Ihram dari miqat
2.Meninggalkan larangan ihram
3.Bermalam di Muzdalifah
4.Melempar jumrah Aqobah
5.Bermalam di Mina
6.Melempar ketiga jumrah (Ula, Wustha dan Aqabah)

Sunah haji terdiri dari:
1.Membaca talbiyah
2.Mandi junub ketika hendak ihram
3.Melakukan haji Ifrad, yakni mendahulukan haji kemudian baru umrah
4.Membaca dzikir ketika melakukan tawaf
5.Masuk ke Baitullah
6.Sholat 2 rokaat sesudah tawaf

Rukun umrah terdiri dari:
1.Ihram
2.Tawaf umrah
3.Sai’
4.Tahalul

------------------------------------------
Sumber : Panduan Ibadah Haji dan Umrah.Dr. drh. Hj. Rr. Retno Widyani, MS, MH
Drs. H. Mansyur Pribadi, M.Pd.PENERBIT SWAGATI PRESS.CIREBON.2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar