SEBAIK-BAIK MANUSIA ADALAH ORANG YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN "CAHAYA AS-SALAM" 'KITAB, AL-QURAN, HADITS, OASE ISLAM, BLOG TUTORIAL '

Minggu, 22 November 2009

Diduga Ada Bagian Kapal yang Pecah

Penyebab tenggelamnya kapal Dumai Ekspress 10 yang tenggelam di Tanjung Balai Karimun, Kepuluan Riau belum diketahui. Hingga kini masih melalukan penyelidikan.

Selain cuaca buruk, informasi penyebab tenggelamnya kapal diduga ada bagian haluan yang bocor sehingga air masuk.

"Informasi awal yang kami terima adanya haluan kapal yang pecah dan mengakibatkan air masuk sehingga tenggelam," ujar petugas SAR yang ditemui di lokasi. Namun untuk memastikannya masih menunggu hasil penyelidikan tim.

Sementara Direktur Polisi Air Polda Riau Yasin Kosasih, kepada tvone, Minggu, 22 November 2009 menyatakan, kapal dumai ekpress 10 memang tidak layak.

"Memang tidak layak, tapi belum diketahui secara pasti penyebab kapal tenggelam," kata Yasin Kosasih saat bincang-bincang dengan tvone.

Sampai saat ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan syahbandar Tanjung Balai Karimun untuk mengetahui pasti apakah sudah sesuai dengan kondisi kapal, jumlah penumpang yang diangkut secara pasti. "Kami masih menunggu informasi pasti,"

Korban Kapal Dumai Express Seorang Anak

Seorang anak kecil dipastikan tewas, dalam musibah kapal penumpang Dumai Express yang tenggelam di Perairan Tukong Iyu, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri,Minggu pagi.

Hal itu dikatakan Kapolsek Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Sekupang Dasrul kepada ANTARA, di Batam, Minggu.

"Laporan yang saya terima dari Tanjung Balai, seorang anak kecil meninggal dunia," kata Dasrul.

Ia mengatakan kemungkinan jumlah korban bertambah, karena saat ini, kapal masih dalam evakuasi.

Dasrul mengatakan, berdasarkan laporan yang ia terima, badan kapal Dumai Express bocor, saat dihadang ombak besar di sekitar Pulau Hiu.

Kapal TNI AL, yang pertama kali melihat dan membantu Dumai Express, kata dia.

Sekitar pukul 08.30 WIB, kapal berpenumpang sekitar 240 orang itu tenggelam di Perairan Tukong Iyu.

Dari Tanjung Balai Karimun, wartawan ANTARA melaporkan pantauan di lapangan, jajaran TNI AL Tanjung Balai Karimun dan personil Administrator Pelabuhan TBK berserta dua kapal penumpang lainnya yang ada di Pelabuhan TBK langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.

Kapal Dumai Express berangkat dari Pelabuhan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau pukul 08.00 WIB menuju Bengkalis, Provinsi Riau.

Hingga kini secara resmi institusi terkait belum memberikan keterangan resmi tentang penyebab dan kronologi kejadian tersebut.

Menurut mantan pelaut, Basri Muhammad, diduga kapal itu tenggelam dihantam gelombang besar.

"Saat ini sedang musim angin Barat Laut, dari Batam ke Karimun kapal langsung menghadang angin, apalagi di Utara Pulau Karimun gelombang laut lebih besar," katanya.

sumber : berita nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar